Tombol shortcut (pintas) keyboard yang sangat berguna di Computer

Memanfaatkan fungsi tombol shortcut di keyboard saat bekerja menggunakan komputer dapat meningkatkan produktivitas pengguna. Berikut ini disajikan lima fungsi tombol shortcut yang penting diketahui dan dapat meningkatkan kenyamanan saat bekerja. 

Tombol-tombol shortcut mungkin ada beberapa yang sangat sering kita gunakan seperti halnya tombol CTRL+C yang sangat sering digunakan terutama bagi seseorang COPASER yang pasti sudah sangat mengenal tombol tersebut dan juga tombol CTRL+V sebagai pelengkapnya. Tapi masih banyak tombol-tombol shortcut lainyya yang mungkin belum anda kenal tapi memiliki fungsi yang sangat membantu seperti tombol PrtSc yang sangat jarang digunakan pemakai pc awam.

 Ctrl+V atau Shift+Insert

Fungsi ini memungkinkan pengguna menempelkan atau memindahkan tulisan yang telah disalin sebelumnya menggunakan Ctrl+C atau Ctrl+Insert.

Ctrl+C atau Ctrl+Insert

Tombol shortcut ini memungkinkan pengguna untuk meng-copy suatu teks untuk ditempatkan di dokumen lainnya dengan lebih mudah. Dengan mengeblok teks kemudian menekan Ctrl+C atau Ctrl+Insert maka tulisan tersebut dapat langsung disalin. Namun, apabila ingin memotong tulisan atau cut maka dapat menggunakan Ctrl+X. 

Ctrl+Z dan Ctrl+Y

Jika pengguna ingin membatalkan atau mengembalikan file yang telah terpotong, tersalin, atau terhapus dapat menggunakan CTRL+Z (undo). Sementara Ctrl+Y berguna mengulang fungsi undo (Ctrl+Z).

Ctrl+F

Jika pengguna ingin mencari program atau menemukan kata dengan cepat, Ctrl+F bisa menjadi solusinya. Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan (find) alias pencarian. Ctrl+F juga bekerja di dalam browser.

Alt+Tab atau Ctrl+Tab


Alt+Tab dapat digunakan untuk mempercepat transisi antarprogram di Windows. Misalnya, pengguna ingin beralih dari mengetik ke penelusuran internet. Maka, daripada harus menggeser mouse dan mengeklik, pengguna dapat menekan Alt+Tab untuk berpindah. Sementara Ctrl+Tab berfungsi untuk peralihan antarsatu tab di browser ke tab berikutnya.

dan masih banyak lagi antara lain berikut saya jelaskan secara ringkas:

CTRL+A

Tombol ini berfungsi untuk memblok semua file atau teks dalam satu jendela

CTRL+P

tombol ini berguna mengakses opsi print

CTRL+ESC 

Tombol ini berfungsi untuk keluar biasanya pada game atau layar fullscreen


tombol untuk membuka fitur taskmanager pada windows dan banyak fungsi lainnya, tombol ini sangat berguna ketika compoter sedang macet

Tombol WINDOWS+E

Digunakan untuk mengakses My Computer

Tombol WINDOWS+R

Mengakses run pada windows

Tombol CTRL+F

Tombol ini digunakan untuk memasuki kotak searching file

Tombol PrtSc

Untuk ScreenShot yang dapat dipaste di Paint

Tombol CTRL+ESC

Untuk membuka menu Start

CTRL+SHIFT+ESC

Untuk membuka fitur task manager

Sekian postingan saya kali ini, semoga anda dapat meningkatkan daya produktivitas kerja dengan menggunakan tombol-tombol pintas yang saya sajikan tadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Assasin's Creed : Syndicate

Cara Mematikan Fitur Autoplay Video di Facebook

Hiasan blogger "Monyet Blog"