kelebihan dan kekurangan os lollipop 5.0 (android)

Kelebihan Dan Kekurangan Android Lollipop 5.0

Kali ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan os android lollipop5.0.


Sebagaimana yang kita tau os lollipop adalah update dari os sebelumnya yaitu android KitKat dan pastinya terdapat beberapa keunggulan dibanding os android sebelumnya. Namun tidak berarti tidak memiliki kekurangan. Untuk lebih jelasnya mari kita baca ulasan berikut.

A. kelebihan android lollipop 5.0

a. User Interface


Android merupakan sebuah perangkat ponsel yang memiliki user interface atau tampilan tatap muka yang sangat menarik dan berbeda dari semua smartphone yang ada saat ini yang jauh akan membuat para penggunanya
lebih senang dalam mengoperasikan perangkat android miliknya. Dan salah satu hal yang paling terlihat dari OS Android Lillipop yang satu ini adalah tampilan tatap mukanya.
Di mana pada operating system terbaru ini google mendesain secara khusus android lollipop ini dengan mengusung konsep material design yang merupakan sebuah konsep yang terinspirasi dari tampilan flast dan minimalis sebuah kertas dan tinta yang di tambah dengan animasi baru yang membuat tampilan android versi ini akan lebih modern yang tentunya selalu mengikuti perkembangan teknologi masa kini.

b. Penggunaan Desain notifikasi terbaru

Untuk Notifikasi pada Android Lollipop ini sudah didesain dengan adanya notifikasi terbaru. Sistem notifikasi terbaru ini memberikan fungsi yang canggih yakni ketika pengguna bisa menampilkan prioritas pilihan dan menyembunyikan atau mengabaikan semua tampilan yang tidak diprioritaskan. Fitur ini dihadirkan sebagai hasil notifikasi baru yakni bisa muncul di atas atau dipermukaan dari semua aplikasi yang sedang digunakan, sehingga memungkinkan sekali untuk bisa melihatnya tanpa dengan berpindah-pindah tampilan

c. Menu recent apps terbaru

Tab recents terbaru, menu ini ini bisa memungkinkan adanya pembagian tab Chrome menjadi terpisah, juga bisa diklik, dan berbeda.

d. Adanya 15 Bahasa Baru 

Dalam sebuah android bahasa mamang merupakan sbeuah kunci utama dalam kita dapat menjalankan ponsel berbasis android agar bisa menggunakan ponselkita secara merata. Dan kelebihan os android lollipop yang baru ini adalah tersdianya 15 bahasa baru yang bisa anda nikmati .
Dan ke15 bahasa tersebut adalah Bahasa Basque, Bengali, Burma, China (Hong Kong), Galicia, Islandia, Kannada, Kyrgyz, Macedonia, Malayalam, Marathi, Nepal, Sinhala, Tamil dan Telugu. Seingga total bahasa yang di miliki OS Android Lollipop 5.0 ini menjadi 68 Bahasa.

e. Fitur ART Runtime

Perubahan lain yang mungkin tak kasat mata oleh penggunay adalah fitur ART Runtime yang sudah menggantikan Dalvik yang sudah di gunaan pada os android versi sebelumnya. DAn bagi and ayang mungkin belum mengerti akan perbedaan dalvik dan art runtime akan kami jelaskan di bawh ini.
Dalvik sendiri merupakan sebuah fitur yang terdapat pada os android versi sebelumnya yang memiliki konsel just-in-time dengan menggunakan kode aplikasi yang di kompilasi ketika sedang di jalankan. Sebaliknya ART Runtime merupakan konsep Ahead-Of-Time di mana proses kompilasi kode aplikasi yang dilakukan akdalah ketika proses instalasi apliasi tersebut.
Namun itu semua membuat proses instalasi sebuah aplikasi akan lebih memakan waktu lama dan jgua akan memakan space atau kapasitas memory yang cukup besar. Nmaun semua itu akan membuat kinerja apliaksi tersebut sedikit lebih performa dan sangat mempuni.

f. Terdapat 64-bit ART compiler

Hasil ini adalah sebagai bentuk perubahan yang signifikan dan revolusioner pada sistem Android yang telah ada sehingga bisa Menggantikan yang awalnya Dalvik compiler menjadi ART Compiler yang lebih efisien, yang tentunya bisa menjadikan Android ini benar-benar cross-platform pada ARM, x86 dan MIPS. Dengan keberadaan ART compiler ini secara keseluruhan akan memberikan efek yang optimal pada system kerja memori dan aplikasi disaat sedang keadaan loading, atau bisa dikatakan ternyata Google telah membrikan hasil kinerja hingga mencapai dua kali lebih cepat dari android sebelumnya.
Dan dengan adanya kelebihan os androdi lollipop yang satu ini, sekarang perangkat smartphone android sudah bisa memiliki RAM berkapasitas 4 GB yang tentu saja akan membuat kinerja ponsel tersebut akan semakin mempuni. Namun sebelum adanya fitur ini perangkan android hanya metok di RAM berkapasitas 3 GB saja.

g. Proyek Volta untuk meningkatkan daya tahan baterai

Proyek Volta ini terdapat Battery Historian yang merupakan alat baru yang bisa memberikan kontrol maksimal pada sebuah aplikasi yang bisa mempengaruhi daya tahan baterai, sehingga alat ini untuk memastikan fungsi tertentu agar menjadikan tidak aktif disaat baterai dalam keadaan melemah. Selain itu Proyek Volta bisa memberikan rincian catatan atau mengidentifikasi secara baik disaat baterai sedang terkuras dan penggunaan fitur apa yang sebenarnya bisa memakan banyak daya baterai. Adanya API Job Scheduler, yang berfungsi untuk memilih dan menjalankan tugas- tugas yang menguras baterai bisa dilakukan pada saat sedang pengisian, atau perangkat akan bisa menghindari pembaruan aplikasi bila ternyata baterai telah habis. Tersedia built-in mode Battery Saver akan bisa menurunkan tingkat kecerahan layar, kerja CPU,dan juga batas update background yang ada.

h. Memisahkan work and play( bekerja dan bermain)

Android Lollipop juga memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk bisa mengoperasikan perangkat dalam dua jenis penggunaan fungsi yakni work and play yakni ketika untuk bekerja dan bermain.

i. Context-aware unlocking

Adanya personal unlocking merupakan salah satu bentuk rancangan terbaik yang dapat memperhitungkan perangkat Bluetooth ketika perangkat ponsel atau tablet sedang terkoneksi pada lokasi pengguna,juga suara unik yakni ketika layar yang sedang terkunci dengan kunci pola akan bisa dilewati jika smartphone Android sedang didekatkan dengan smartwatch.

j. Keamanan

Android Lollipop 5.0 sendiri di hadirkan dengan menggunakan enkripsi secara otomatis yang akan membantu melindungi dataa-data penting pada ponsel anda jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan atau hilang. Dengan berjalannya SE Linux pada semua aplikasi yang ada, berarti perlindungan yang lebih baik akan keamanan dan juga ketahanan terhadap malware jugaakan lebih baik.

k. Peningkatan pada pencarian kontekstual

Produsen Google juga memberikan kemudahan pada penggunanya dengan “penemuan kembali”, yakni Google Search dari Android terbaru ini sekarang bisa lebih baik lagi dan akurat serta cepat dalam merekam jejak semua aktifitas yang telah pengguna jalankan sebelumnya. Tujuan dari fitur Search dari pencarian Google Earth adalah untuk bisa menentukan lokasi dengan tepat ke tempat aplikasi tertentu dan akan mulai secara tepat pula dimana pengguna bisa menghentikannya.

l. Android sebagai all screen

Android Lollipop 5.0 ini didesain dengan rancangan untuk all-screen atau semua layar, yang tentunya sangat bisa menyesuaikan berbagai perangkat ketika digunakan pada sebuah ponsel, laptop, tablet, jam tangan,elektronik rumah, TV, maupun pada mobil.

B. kekurangan android lollipop 5.0

a. waktu rilis yang tidak terprediksi

berbeda dengan perusahaan Apple yang selalu memberikan jadwal update IOS terbaru, Google sebagai pengembang Android tidak pernah memberikan jadwal tetap update OS terbarunya. Sehingga pengguna harus selalu update perkembangan informasi.

b. kompatibilitas perangkat

seperti biasanya, jika ada update os android pasti beberapa device bakalan ketinggalan alias tidak bisa update ke os terbaru alias device not compatible hal ini merupakan masalah bagi pengguna yang tidak bisa mengganti devicenya. Tidak seperti IOS dan Windows Phone yang dapat dengan mudah untuk diupdate tanpa haru memerhatikan model devicenya lagi.
c. aplikasi
bukan masalah kompatibilitas yang diceritakan disini. Memamng semua aplikasi yang dapat dijalankan di OS sebelumnya juga dapat dijalankan pad os android lollipop ini, hanya saja mungkin beberapa aplikasi tidak berjalan secara sempurna dan kita harus menunggu pihak pengembang aplikasi tersebut untuk update, tapitidak sering juga beberapa pengembang aplikasi tidak mengupdate aplikasinya.

Kelebihan dan kekurangan diatas dapat anda pertimbangkan lagi sebelum anda mengupdate os android anda. Tapi memang perkembangan jaman harus dengan terpaksa kita ikuti karena kita tau semakin berkembangnya jaman maka teknologi akan semakin canggih dan maju.
Terima kasih telah membaca blog saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Assasin's Creed : Syndicate

Cara Mematikan Fitur Autoplay Video di Facebook

Hiasan blogger "Monyet Blog"